Harian Sederhana – Eko Isharyanto (40), seorang karyawan swasta asal Cinere, Kota Depok yang telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2016 bersama dengan keluarganya, mengaku telah merasakan manfaatnya.
“Sejak terdaftar 3 tahun silam, saya dan keluarga telah beberapa kali menggunakan Kartu JKN-KIS untuk berobat. Program JKN-KIS ini sangat membantu saya dan keluarga dalam berobat,” ungkap Eko, kemarin.
Eko dan keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama di Klinik Pratama Rawat Jalan Gandul Medika. Eko dan keluarga mengaku sangat terkesan dengan penjaminan maupun pelayanan Program JKN-KIS.
“Dengan adanya Program JKN-KIS, saya dan keluarga dapat berobat tanpa harus memikirkan masalah biaya. Bahkan kami telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat,” tuturnya.
Eko mengungkapkan bahwa selama menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat, Eko dan keluarga memperoleh pelayanan yang sangat baik. Mulai dari dokter hingga perawat yang ramah dan tanggap akan kebutuhan pasien, hingga sarana dan prasarana yang bagus di fasilitas kesehatan yang membuatnya merasa nyaman dalam berobat. Menurutnya, hal itu jugalah yang mempercepat proses penyembuhannya.
“Berobat dengan JKN-KIS, pelayanannya sangat bagus. Tidak ada bedanya dengan pasien umum yang bayar pribadi. Padahal kami tidak mengeluarkan biaya ketika berobat. Saya sangat bersyukur menjadi peserta JKN-KIS,” katanya.
Diakuinya, berobat dengan JKN-KIS sangatlah mudah. Proses administrasinya pun tidak membutuhkan waktu yang lama, sehingga pasien cepat ditangani. Menurut Eko, yang terpenting berobat dengan JKN-KIS adalah mengikuti prosedur yang berlaku, kalau hal tersebut dilakukan maka semua menjadi lancar.
“Kami berharap agar Program JKN-KIS dapat terus dikembangkan, terutama dalam bidang pelayanan. Selain itu, inovasi-inovasi berbasis teknologi harus terus ditingkatkan, sehingga Program JKN-KIS dapat berjalan dengan optimal, karena program tersebut sangat membantu masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan yang baik,” harapnya (Wahyu Saputra)