Harian Sederhana, Depok – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mengajak para pelaku usaha memanfaatkan berbagai macam media pemasaran (marketplace) digital. Upaya tersebut, untuk memperluas cakupan pembeli di luar Kota Depok.
“Perkembangan komunikasi teknologi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Di antaranya aktif menawarkan produk melalui media sosial (medsos), kata Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan, Selasa (26/03).
Dikatakannya, berjualan melalui medsos memiliki banyak manfaat. Salah satunya tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Tinggal mendaftar di berbagai situs belanja, memajang produk, dan mempromosikan secara aktif ke jejaring sosial yang dimiliki.
Apalagi, kata Fitriawan, potensi berjualan via online masih begitu besar. Hal itu, dikarenakan psikologi pembeli saat ini lebih mengutamakan efisiensi waktu. Apabila pelaku usaha di Depok bisa memanfaatkan hal tersebut, dia yakin akan berdampak positif terhadap penjualan.
Sementara itu, sebagai salah satu perusahaan jasa yang menyediakan media pemasaran, JNE Ekspress memiliki komitmen memajukan dunia UMKM melalui program Pesanan Oleh-oleh (Pesona) Nusantara.
Kepala Sales dan Marketing JNE Depok, Adi Permana menuturkan, Pesona JNE telah bekerja sama dengan lebih dari 800 produsen dengan ribuan varian makanan khas daerah yang berasal dari seluruh Indonesia.
“Harga jual produk di website Pesona pun sama seperti harga jual toko oleh-oleh di kota asalnya. Dengan mendaftar di program Pesona, diharapkan produk-produk UMKM Depok dapat dikenal lebih luas lagi,” ucapnya.