Sukabumi – Kepala Jasa Raharja (JR) Perwakilan Sukabumi-Cianjur, Harry Herawan memastikan pelayanan tetap dilakukan secara optimal meski memasuki libur lebaran.
Hal ini dikarenakan pihak Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi-Cianjur selain mempersiapkan petugas yang berjaga di kantor perwakilan masing-masing juga membuka sebanyak empat posko pelayanan terpadu yang siap melayani masyarakat dalam hal klaim kecelakaan.
“Berdasarkan instruksi pusat, untuk wilayah tidak ada petugas yang memngambil cuti lebaran. Tujuannya untuk memberikan pelayanan optimal semasa libur lebaran untuk itu kami tetap bertugas,” tuturnya saat melakukan Ramp Chek dan pengobatan gratis di Terminal Tipe A, Sukabumi, Senin (03/06).
Memasuki libur dari H-7 sampai dengan H+7, pihaknya tetap menyiapkan petugas di setiap posko sebanyak dua orang yang nantinya bertugas secara bergiliran selama 24 jam. Hal ini untuk memudahkan monitoring dalam mendapat informasi dari pihak kepolisian saat ada laka lantas.
“Bila mendengar ada info laka lantas nantinya petugas kami langsung menindaklanjuti proses identifikasi penanganan korban. Setelah itu kami akan mengkondisikan rumah sakit yang sudah bekerja dengan kami untuk pelayanan penanganan medis para korban,” paparnya.
Setelah melakukan upaya penanganan, apabila terjadi kecelakaan pembayaran klaim asuransi kecelakaan tetap dilayani pada H-7 dan H+7 cuti lebaran.
Untuk klaim asuransi kecelakaan sendiri dibagi menjadi dua tahapan yaitu pada H-7 untuk proses penyelesaian pelengkapan administrasi baik korban luka luka maupun yang koban meninggal dunia hingga 12 Juni.
Sedangkan pada tanggal 13 juni atau habis masa libur lebaran, klaim asuransi kecelakaan harus sudah dibayarkan. Hal ini juga berkaitan dengan bank yang masih tutup karena libur lebaran.
“Setelah selesai admnistrasi yang dibutuhkan, 13 Juni nanti seluruh klaim asuransi yang masuk pada masa libur lebaran harus sudah disalurkan,” kata Harry.
Perusahaan BUMN dibidang asuransi kecelakaan ini juga berperan aktif dalam melakukan upaya preventif pencegahan laka lantas dalam kegiatan mudik Lebaran kali ini.
Selain membuka posko, nantinya petugas Jasa Raharja akan bergerak untuk melakukan monitoring penanganan laka lantas baik di wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi maupun Kabupaten Cianjur.
“Posko pelayanan kami berada di Kantor Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi, Kantor pelayanan Cianjur, Terminal Tipe A Jalur dan Terminal Pasir Hayam Cianjur,” terang Harry.
Bukan itu saja, pihaknya juga memantau kondisi kendaraan di Terminal Tipe A Sukabumi dan Terminal Cianjur. Tujuannya agar memberikan rasa aman bagi para pemudik.
Untuk para operator, lanjut Harry, pihaknya menggelar pengobatan gratis bekerja sama dengan Rumah Sakit Setukpa Polri. Upaya ini merupakan bentuk pencegahan laka lantas dan pengananan selepas terjadinya kecelakaan.
“Selain kendaraannya sehat, operatornya bus juga harus sehat karena menyangkut keselamatan penumpang. Untuk jarak jauh, disarankan juga membawa sopir cadangan,” imbuhnya.
Pencegahan dalam bentuk lain, Jasa Raharja juga memasang beberapa spanduk imbauan rawan laka lantas di sejumlah titik di wilayah blackspot.
Harry juga mengimbau, untuk keselamatan para pemudik agar memilih kendaraan angkutan umum yang layak termasuk kendaraan pribadinya, serta selalu taat aturan lalu lintas untuk menghindari laka lantas di jalan.
“Sempatkan istirahat di rest area. Bagi pengendara, jangan memaksakan berkendara bila kondisi ngantuk atau lelah. terlebih patuhi peraturan lalu lintas yang ada,” tandasnya.