Menu

Mode Gelap
Perjuangan Nanu Membangun Bisnis Advertising Mulai Bisnis WO dari Nol, Kini Teh Yani Kantongi Omset Ratusan Juta Per Bulan

Terkini

UMKM dan Media Massa

badge-check


					Wahyu Saputra. Perbesar

Wahyu Saputra.

Harian Sederhana – Jadi beberapa waktu ini ane beberapa kali bertemu dengan sejumlah komunitas UMKM di Kota Depok. Bukan hanya di Depok, melainkan juga sejumlah komunitas UMKM yang ada di Kota Bogor dan sekitarnya.

Salah satu bahasan yang dibahas adalah bagaimana cara membangun citra produknya agar dikenal oleh khalayak. Sembari menyeruput teh hangat yang disediakan, ane pun mendengarkan keluh kesah kawan-kawan pelaku UMKM.

Mereka mengatakan selama ini memang secara sering mempromosikan melalui media sosialnya. Baik itu Instagram, Facebook maupun media sosial lainnya. Namun, ada hal yang tidak bisa mereka lakukan.

Ya, salah satu kesulitan mereka adalah menggali informasi soal produk, bernarasi yang indah agar menarik para pembaca mengetahui produknya. Narasi itulah yang sebenarnya membantu mereka dalam menyampaikan produk apa yang dihasilkan serta keunggulannya.

Ane pun tersenyum mendengarkan keluh kesah mereka. Benar adanya keluhan mereka ini sebab salah unsur yang sangat sentral dalam memajukan UMKM adalah media massa.

UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang memenuhi kriteria UMKM. Media massa sendiri berfungsi sebagai promosi, pemasaran dan berkoordinasi dengan pihak luar, khususnya media online.

Bukan itu saja, media massa merupakan corong dalam memberikan informasi mengenai kebijakan ekonomi dan perkembangan bisnis melalui pemberitaan. Hal ini tentunya menjadi salah satu referensi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya.

Keberadaan media massa tentunya dapat membangkitkan optimisme masyarakat di bidang ekonomi. Peran media massa sangat penting dalam perkembangan usaha dan perekonomian.

Untuk membangun dan mengembangkan bisnis atau usahanya, para pelaku usaha tentu membutuhkan media massa sebagai wadah mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan untuk dapat dikenal oleh konsumen. Hal ini juga yang membuat Harian Sederhana memberikan porsi untuk pelaku UMKM khususnya di Kota Depok.

Keberadaan media massa sangat berperan dalam peningkatan daya saing dan daya jual produk pelaku dunia usaha, serta sarana promosi bagi para pelaku usaha untuk memperluas pangsa pasar.

UMKM dan media massa sendiri ibaratkan sepasang kekasih yang tidak bisa dipisahkan. Media massa membutuhkan UMKM sebagai produk pemberitaan, sedangkan UMKM butuh media massa sebagai sarana promosi.

Karenanya, butuh sinergitas antara keduanya. Terutama media massa yang memang menekuni dan memahami perkembangan bisnis. Hal ini juga yang ane sampaikan saat diundang dalam salah satu acara bersama UMKM di Kota Depok.

Pemberitaan yang positif terhadap produk UMKM secara tidak langsung bisa berdampak kepada pelaku UMKM. Salah satunya adalah integritas dan kepercayaan dari narasumber kalau produk yang dihasilkan UMKM itu tidak kalah dengan produk luar.

Namun, hal yang menjadi kendala adalah masih ada pelaku UMKM malu atau takut diberitakan produknya. Padahal dengan sebuah pemberitaan apalagi dalam media massa membuat mereka secara tidak langsung naik kelas. Semoga kedepan para pelaku usaha di sektor ini bisa merubah mindset mereka.

Dah segitu dulu deh dari ane, semoga UMKM di Kota Depok semakin maju. Intinya sih Harian Sederhana siap mensukseskan Depok Sahabat UMKM.

Salam Sederhana ………..

*Koordinator Liputan Harian Sederhana

Wahyu Saputra

 

Facebook Comments Box

Baca Lainnya

ARH Tergenang Banjir Setinggi 65 Sentimeter

29 Mei 2020 - 20:35 WIB

Ada Dalam Zona Kuning, Eka Supria Atmaja Minta Warganya Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

29 Mei 2020 - 19:55 WIB

Diduga Tengah Mabuk Miras, Seorang Preman Ancam Tusuk Wartawan Republika

29 Mei 2020 - 19:23 WIB

Bupati Bekasi Apresiasi Kinerja Satpol PP-Dishub Putus Mata Rantai Covid-19

29 Mei 2020 - 18:28 WIB

BPJAMSOSTEK Cabang Depok Salurkan Paket Sembako untuk Dapur Umum

23 April 2020 - 16:14 WIB

Trending di Depok