Harian Sederhana – Keikutsertaan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) banyak dirasakan oleh peserta memiliki manfaat yang sangat besar. Pasalnya, program ini memberikan jaminan perlindungan kesehatan bagi setiap peserta.
Dian Nurtalia, seorang peserta JKN-KIS asal Kota Depok mengaku merasakan besarnya manfaat menjadi peserta program JKN-KIS, yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.
“Saya dan keluarga telah beberapa kali berobat di puskesmas. Saya merasa berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS sangat bagus dan nyaman,” ungkap wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai ibu rumah tangga tersebut.
Diutarakannya, cukup dengan membayar iuran yang sangat terjangkau setiap bulannya, manfaat yang diperoleh sangat besar. Oleh karena itu, dirinya menyarankan agar semua orang segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS, sehingga masalah kesehatannya dapat terlindungi.
Dian menceritakan pertama kali mendaftar sebagai peserta JKN-KIS di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok sejak tahun 2015. Menurutnya, selama proses pendaftaran, pelayanan yang diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan sangat bagus.
“Tak ada kesulitan sama sekali saat saya mendaftar sebagai peserta, mulai dari sarana dan prasarana di kantor BPJS Kesehatan yang cukup bagus sehingga membuat nyaman untuk menunggu, hingga petugas BPJS Kesehatan yang ramah, sopan, dan tanggap akan kebutuhan peserta,” paparnya.
Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa selama proses pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS, tidak ada biaya yang dikeluarkan dan prosesnya pun cukup cepat dan mudah.
“Saya sangat senang dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan. Petugasnya ramah dan sopan. Bagi saya pelayanan yang sopan dan santun serta ramah sangatlah penting. Pada saat itu saya juga belum mengerti cara mengunakan BPJS dan pada akhirnya saya mengerti dengan adanya penjelasan dari petugas BPJS Kesehatan. Saya rasa mereka juga sangat informatif,” ujar Dian.
Sampai saat ini, Dian dan keluarganya telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat di Puskesmas. Menurutnya, berobat dengan menggunakan kartu JKN-KIS sangat bagus.
“Puskesmasnya pun dapat melayani hingga 24 jam, sehingga jika sewaktu-waktu sesuatu yang darurat terjadi maka bisa langsung ke Puskesmas. Saya memang lebih suka ke Puskemas karena jaraknya tidak jauh dari rumah dibandingkan kalau harus ke rumah sakit,” kata Dian.
Dian mengungkapkan harapannya agar program JKN-KIS terus dikembangkan karena program tersebut sangat membantu masyarakat, terutama dalam hal finansial untuk berobat. (Wahyu Saputra)