Harian Sederhana – Para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan mengaku tidak mengalami kendala selama berobat menggunakan JKN-KIS.
Hal ini diungkapkan salah satunya diungkapkan Martini (47) adalah seorang ibu rumah tangga asal Kecamatan Beji, Kota Depok. Martini mengaku selama ia dan keluarganya berobat dengan menggunakan JKN-KIS, ia selalu memperoleh pelayanan yang sangat baik.
“Selama berobat, alhamdulillah semua lancar dan tidak ada hambatan soal pelayanan. Dokter dan perawat melayani dengan sangat baik,” ungkap Martini.
Martini menceritakan, dirinya bersama suami dan kedua orang anaknya telah menjadi peserta Program JKN-KIS sejak tahun 2016. Selama terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia dan keluarganya telah beberapa kali menggunakan kartu miliknya untuk berobat. Baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar yaitu di Puskesmas Tanah Baru, maupun di rumah sakit.
“Kami sekeluarga telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS kami untuk berobat. Saya kebetulan merupakan pasien hipertensi jadi sering menggunakan JKN-KIS untuk kontrol di puskesmas,” ujarnya.
Lebih lanjut diutarakannya, pada 2017, suaminya juga menggunakan JKN-KIS untuk operasi hernia di Rumah Sakit Umum Bhakti Yudha. Selama berobat dengan JKN-KIS, diakuinya dilayani dengan baik.
“Kami juga tidak mengeluarkan biaya sama sekali ketika berobat. Termasuk ketika operasi hernia suami saya. Semua di-cover oleh BPJS Kesehatan,” katanya.
Menurutnya, kehadiran Program JKN-KIS telah sangat membantu dirinya dan keluarganya untuk berobat dengan baik. Biaya kesehatan yang baik yang tentu begitu mahal kini dapat ia rasakan tanpa harus memikirkan masalah biaya, sehingga ia dapat berobat dengan aman dan nyaman.
Martini berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan, sehingga dapat berjalan dengan optimal agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat. Ia pun berharap agar semua fasilitas kesehatan dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada seluruh peserta JKN-KIS.
“Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan Program JKN-KIS. Semoga orang lain juga merasakan manfaat yang kami rasakan di kala sakit. Kami beruntung telah menjadi peserta JKN-KIS,” tandasnya. (Wahyu Saputra)