Harian Sederhana, Depok – Ruang tunggu Kantor Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Depok di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong perlu peningakatan.
Smart Card BLUe yang telah dilaunching pada Rabu (11/3) lalu merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Depok guna meningkatkan Pelayanan tidak serta merta mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.
Pasalnya, peningkatan tersebut tidak diimbangi dengan kenyamanan ruang pelayanan yang ada.
Salah satu pemohon uji Kendaraan Bermotor (KIR) Suryadi, Senin (16/3) mengatakan, pelayanan di UPT Pengujian disini memang sudah bagus dengan berbagi fasilitas yang disediakan seperti pendaftaran online dan lain sebagainya.
Namun, hal tersebut belum diimbangi dengan ruang pelayanannya, ya salah satunya ruang tunggu yang masih belum nyaman.
“Kalau untuk pelayanan sistem dan peralatan sih sudah cukup baguslah, tapi sayang tidak didukung dengan ruang tunggu yang memadai alias nyaman, harusnya kalau peningkatan pelayanan jangan tanggung-tanggung dong,” katanya ketika melakukan pengujian kendaraan bermotornya di UPT PKB Dishub.
Lebih lanjut Suryadi mengatakan, kalau boleh saran, untuk ruang pelayanannya ditata kembali serta ruang tunggunya pun lebih ditingkatkan lagi kenyamanannya agar setiap pemohon yang melakukan uji kir dapat lebih nyaman ketika menunggu proses dan hasil pengujian.
“Kalau kecanggihan serta ruang pelayanannya nyaman kan lebih enak lagi mas, jadi masyarakat yang biasanya menggunakan jasa orang lain untuk pengurus pengujian kendaraan bermotornya dapat mengurus sendiri karena tempatnya nyaman dan pelayanannya juga bagus,” ujarnya.
Menanggapi hal tersebut, Kasubag Tata Usaha UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Depok, Hindra Gunawan mengatakan, dirinya tidak menampik bahwa jika disebut ruang pelayanan unit pengujian kendaraan bermotor yang ada masih kurang nyaman, namun demikian, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan fasilitas tersebut secara bertahap.
“Demi meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam melakukan pengujian kendaraannya kami akan terus berupaya semaksimal mungkin, dan kami juga sudah mengusulkan untuk merehab ruang pelayanan yang ada agar lebih tertata dan nyaman,” paparnya.
Lebih lanjut, kata Hindra, untuk melakukan segala perubahan yang ada itu harus melalui proses terlebih dahulu tidak bisa asal saja, karena selain gedung milik pemerintah, untuk melakukan revitalisasi peningkatan fasilitas pelayanan harus ditunjang oleh anggaran dan kami sudah usulkan terkait hal tersebut kepada pimpinan.
“Usulan sih sudah diajukan, namun untuk realisasinya kita tunggu saja nanti bagaimana hasilnya, mudah mudahan dapat disetujui dan ruang pelayanan yang layak dan nyaman di unit pengujian ini dapat terwujud,” pungkasnya. (*)